Pengobatan Asam Urat Secara Tradisional

Berikut ini tips Pengobatan Asam Urat Secara Tradisional yang bisa anda coba di rumah dan tips pengobatan tradisional ini telah terbukti dapat membantu mengobati penyakit asam urat secara alami, efektif dan tentunya tanpa efek samping.

pengobatan asam urat secara tradisional 

Penyakit Asam urat terjadi ketika kadar asam urat dalam darah meningkat melebihi batas normal atau istilah medisnya disebut hiperurisemia, kondisi ini bisa diakibatkan karena meningkatnya asam urat yang di produksi oleh tubuh atau karena penurunan fungsi ginjal dalam proses mengeluarkan kelebihan asam urat dalam tubuh. Kadar asam urat yang normal adalah 3,4-7 mg/dl untuk laki-laki dan 2,4-6 mg/dl untuk perempuan.

Penyakit Asam urat dapat menyebabkan masalah kesehatan lainnya seperti kesusakan persendian permanen yang dapat mengakibatkan kecatatan, batu ginjal dan gagal ginjal. Penelitian terbaru juga menyatakan tingginya kadar asam urat dalam darah dapat menyebabkan penyakit hipertensi dan penyakit kardiovaskular.

Faktor-faktor yang dapat menyebabkan tingginya kadar asam urat seperti mengkonsumsi makanan yang mengandung purin tinggi(purin dipecah menjadi asam urat), mengkonsumsi alkohol, gagal ginjal, obesitas, tiroid kurang aktif, genetika, endokrin atau kondisi metabolik seperti diabetes, asidosis, dan penyakit tertentu lainnya.

Pengobatan Asam Urat Secara Tradisional

Ada beberapa tips pengobatan asam urat secara tradisional yang dapat membantu mengurangi dan mengontrol kadar asam urat.

pengobatan asam urat secara tradisional

1. Cuka Aple (Apple Cider Vinegar)

Cuka apel atau vinegar apple telah gunakan untuk beragai pengobatan, cuka apel berkhasiat sebagai pembersih racun alami, cuka apel dapat membantu menghilangkan limbah dalam tubuh seperti asam urat. Asam malat yang terkandung dalam cuka apel dapat membantu memecah dan menghilangkan asam urat. Cuka apel juga membantu mengembalikan keseimbangan asam basa dalam tubuh dan memberikan manfaat anti-inflamasi dan antioksidan yang kuat.
  • Tambahkan satu sendok teh cuka apel ke segelas air.
  • Minum larutan ini dua atau tiga kali sehari.
Anda bisa secara bertahap menambah jumlah cuka apel sampai dua sendok makan per segelas air, cuka apel ini bisa menjadi alternatif pengobatan asam urat secara tradisional yang bisa Anda buat sendiri dirumah, konsumsi secara teratur sampai kadar asam urat Anda turun.

Catatan : Jangan mengkonsumsi terlalu banyak cuka apel karena dapat menurunkan kadar kalium dalam tubuh.

2. Jus Lemon

Meskipun kelihatnya jus lemon akan membuat tubuh lebih asam, dalam kenyataannya, jus lemon dapat menghasilkan efek alkali dan membantu menetralisir asam urat. Ditambah kandungan vitamin C-nya juga membantu menurunkan kadar asam urat.
  • Peras satu lemon ke dalam segelas air hangat. Meminumnya di pagi hari pada waktu perut kosong. Lakukan setidaknya beberapa minggu atau sampai kadar asam urat anda menurun.
  • Anda juga dapat mengkonsumsi suplemen yang mengandung banyak vitamin C.

3. Ceri

Ceri dan berry yang berwarna gelap banyak mengandung bahan kimia yang bisa membantu mengurangi kadar asam urat. Buah yang berwarna ungu dan biru mengandung flavonoid yang disebut anthocyanin yang berkhasiat untuk membantu mengurangi peradangan dan kekakuan persendian akibat asam urat.
  • Makan satu-setengah cangkir ceri setiap hari selama beberapa minggu. Anda juga bisa minum satu atau dua cangkir jus ceri selama sekitar empat minggu.
  • Tambahkan blueberry, stroberi, tomat, paprika, dan buah-buahan yang kaya vitamin C dan antioksidan serta sayuran.

4. Baking Soda

Baking soda atau disebut juga soda bikarbonat sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar asam urat dan mengurangi rasa sakit akibat serangan asam urat. Baking soda membantu menjaga keseimbangan basa alami dalam tubuh dan membuat asam urat lebih mudah larut dan mudah untuk dikeluar dari ginjal.
  • Campurkan setengah sendok teh baking soda dalam segelas air.
  • Minum hingga empat gelas sehari selama dua minggu. Anda dapat meminumnya selang dua sampai empat jam.
Catatan: Tidak di anjurkan untuk orang yang menderita tekanan darah tinggi. Orang yang berusia 60 tahun atau lebih tidak boleh minum lebih dari tiga gelas dalam sehari.

5. Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah banyak mengandung vitamin E dan anti konsidan. Penelitian lebih lanjut mengungkapkan bahwa minyak zaitu mengandung senyawa yang disebut oleocanthal, mencegah produksi enzim pro-inflamasi COX-1 dan COX-2, sama seperti NSAID (obat anti inflamasi non steroid). Gunakan minyak zaitun untuk menggantikan minyak atau mentega saat anda memasak

6. Air Putih

Minum banyak air putih dapat membantu mengoptimalkan penyaringan asam urat. Air putih membantu mencairkan asam urat dan merangsang ginjal untuk mengeluarkan kelebihan asam urat dari tubuh melalui urin.

Minum air yang cukup secara teratur juga dapat mengurangi risiko kambunhnya serangan asam urat. Dalam sebuah studi dari American College of Rheumatology, peneliti menemukan bahwa orang yang minum 5-8 gelas air pada waktu 24-jam sebelum serangan asam urat, memiliki 40 persen penurunan risiko serangan dibandingkan dengan mereka yang hanya minum satu gelas air atau kurang.

7. Konsumsi Makanan Rendah Purin

Purin adalah senyawa yang mengandung nitrogen yang terurai menjadi asam urat, sehingga meningkatkan kadar dalam tubuh. Purin sebagian besar dapat ditemukan dalam protein hewani. Hindari protein hewani seperti daging, jeroan, ikan dan unggas. Kacang-kacangan, ragi, jamur, asparagus kacang dan minyman beralkohol juga mengandung purin tinggi.

8. Makanan Berserat Tinggi

Makanan berserat tinggi bisa membantu menurunkan kadar asam urat dengan menyerap kelebihan asam urat dan kemudian mengelaurakannya dari tubuh. Anda juga dapat mengonsumsi karbohidrat yang mengandung kadar purin rendah.

Biji-bijian, apel, pir, jeruk dan stroberi adalah beberapa contoh makanan berserat tinggi yang dapat dimasukkan dalam menu makanan Anda. Karbohidrat rendah purin seperti beras, pasta gandum, tapioka, quinoa, kentang, gandum dan pisang.

Ramuan untuk pengobatan asam urat secara tradisional lainnya adalah teh yang terbuat dari pepaya,  senyawa papain dalam pepaya membantu tubuh mempertahankan asam basa dan berkhasiat sebagai anti-inflamasi, mencegah penumpukan asam urat dan mengobati penyakit asam urat.

9. Susu dan Produk Olahannya

Susu rendah lemak dan produk olahan susu telah dikaitkan dengan konsentrasi plasma yang lebih rendah dan mengurangi risiko asam urat. Susu mengandung asam orotic yang menurunkan penyerapan kembali asam urat dan meningkatkan pembuangannya melalui ginjal.
  • Minum 1-5 cangkir susu setiap hari.
  • Anda juga bisa menyertakan yogurt rendah lemak dan produk susu lainnya dalam pola makan Anda.
Tahu juga dapat membantu mengubah konsentrasi protein plasma dan meningkatkan pembersihan asam urat.

Tips Tambahan Pengobatan Asam Urat Secara Tradisional

  • Jangan minum minuman alkohol karena dapat mengganggu proses pembuangan asam urat.
  • Hindari fruktosa sirup jagung atau sirup glukosa-fruktosa karena cenderung meningkatkan kadar asam urat.
  • Lakukan olahraga secara teratur dan menjaga berat badan yang sehat. Karena diyakini bahwa jaringan lemak cenderung meningkatkan produksi asam urat.
  • Makan makanan seimbang yang tinggi karbohidrat kompleks dan rendah protein. Hindari karbohidrat olahan seperti roti putih, kue dan permen.
  • Kurangi makanan tinggi lemak karena dapat menurunkan kemampuan tubuh untuk menghilangkan asam urat.
Bagi Anda yang sedang mencari pengobatan asam urat secara tradisional kami merekomendasikan obat asam urat tradisional yang telah terbukti ampuh, klik link referensi di bawah ini.

Referensi : http://obatasamuratalamiah.com/

0 Response to "Pengobatan Asam Urat Secara Tradisional"

Poskan Komentar